Diberdayakan oleh Blogger.

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Saat ini sudah tidak asing bagi kita jika melihat orang-orang selalu menenteng air putih dalam kemasan kemanapun mereka pergi. Semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya manfaat air putih bagi kesehatan telah membawa perubahan gaya hidup bagi sebagian kita. Dan walaupun laporan terbaru cukup mengagetkan, dimana dikatakan jika manfaat minum air putih yang kita tahu selama ini sudah ‘basi’ dan ketinggalan zaman, namun ternyata hal ini tidak berpengaruh pada mereka para pecinta air putih. Yah, anjuran untuk minum setidaknya delapan gelas air sehari dikatakan tidak lebih hanya sebuah pedoman, dan tidak didasarkan pada bukti ilmiah.

Entah laporan tersebut memang benar atau hanya sebuah propaganda korporasi raksasa yang ingin mengalihkan kebiasaan kita dari mengkonsumsi air putih biasa ke jenis air minum tertentu (produk mereka). Namun coba pikirkan lagi, tubuh kita sebagian besarnya terdiri dari air, dan air dari tubuh kita akan hilang secara terus menerus melalui penguapan kulit, keringat, ketika kita bernapas, melalui urine, dan melalui feses. Tentu saja kehilangan tersebut harus kita ganti jika ingin organ-organ pada tubuh kita tetap berfungsi secara normal. Jadi apapun alasannya, air minum adalah penting untuk kesehatan anda. Titik!

Satu-satunya yang benar dari laporan terbaru tersebut mungkin peryataan bahwa kebutuhan setiap orang akan berbeda-beda. Dan hal ini di-’amini’ oleh banyak ahli nutrisi dan diet di seluruh dunia. Karena orang yang tinggal di daerah beriklim hangat, orang yang sering berolahraga berat, orang yang tinggal di dataran tinggi, dan orang-orang berusia lanjut memang membutuhkan asupan air yang lebih banyak daripada mereka-mereka pada kondisi sebaliknya. Dan walaupun cairan tubuh dapat diganti dengan jenis minuman olahan, air putih, maupun kandungan air pada makanan, seperti dikatakan Joan Koelemay.RD, ahli diet dari Beverage Institute (sebuah kelompok industri), namun banyak ahli diet lain beranggapan jika air putih masihlah tetap yang terbaik.

6 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan

1. Minum Air Membantu Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh
Sekitar 60% dari tubuh kita terdiri dari air. Dan fungsi cairan pada tubuh kita antara lain untuk membantu pencernaan, penyerapan nutrisi, sirkulasi, penciptaan air liur, transportasi nutrisi, dan menstabilkan suhu tubuh.

"Melalui kelenjar hipofisis posterior, otak anda akan berkomunikasi dengan ginjal anda dan memberitahukan seberapa banyak air yang dikeluarkan sebagai urin atau disimpan sebagai cadangan," kata Guest, seorang profesor kedokteran di Stanford University.

Ketika tubuh anda kekurangan cairan, otak akan memicu tubuh berada pada mekanisme haus. Dan kecuali jika anda mengkonsumsi obat yang membuat anda merasa haus, maka anda harus mengikuti isyarat tubuh tersebut dan memberikan diri anda minum air, jus, susu, kopi, atau apapun kecuali alkohol.

Guest menambahkan, "Alkohol akan mengganggu komunikasi otak dengan ginjal dan menyebabkan ekskresi cairan yang berlebihan sehingga dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi."

2. Air Dapat Membantu Mengontrol Kalori
Selama bertahun-tahun, banyak para pelaku diet sengaja minum air putih dalam jumlah banyak sebagai strategi untuk menurunkan berat badan. Dan walaupun air putih tidak memiliki efek langsung pada penurunan berat badan, namun menjadikannya sebagai pengganti minuman berkalori tinggi tentu memberikan keuntungan.

"Apa yang terjadi dengan penurunan berat badan jika anda memilih air putih atau minuman non-kalori ketimbang minuman berkalori, dan/atau anda makan makanan yang tinggi kandungan air yang lebih sehat adalah anda akan merasa lebih kenyang, dan juga membantu anda memangkas asupan kalori," kata Barbara Rolls.PhD, penulis dari buku The Volumetrics Weight Control Plan.

Makanan dengan kandungan air yang tinggi cenderung terlihat lebih besar, dan ini akan membuat anda lebih banyak mengunyah, sehingga akan diserap lebih lambat oleh tubuh, yang hasil akhirnya membantu anda merasa kenyang lebih cepat. Makanan yang kaya air antara lain buah-buahan, sayuran, sup berbasis kaldu, oatmeal, dan kacang-kacangan.

3. Air Membantu Otot Bertenaga
Sel yang tidak menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit pasti akan mengerut, yang akhirnya dapat mengakibatkan kelelahan otot. Ketika sel-sel otot tidak memiliki kadar cairan yang memadai, maka mereka tidak dapat bekerja dengan baik dan peformanya akan menurun.

Minum air yang cukup adalah sangat penting saat anda berolahraga. Anda bisa mengikuti pedoman dari American College of Sports Medicine untuk asupan cairan sebelum dan selama aktivitas fisik. Pedoman tersebut merekomendasikan untuk minum sekitar 1/2 liter cairan sekitar dua jam sebelum latihan. Selama latihan, mereka menyarankan kita untuk mulai minum air lebih awal, dan minum secara berkala saat jeda sesi latihan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang melalui keringat.

4. Air Membantu Menjaga Kulit Tetap Cantik
Ini adalah salah satu manfaat air putih untuk kecantikan. Kulit anda mengandung banyak air, dan ini berfungsi sebagai lapisan pelindung untuk mencegah hilangnya cairan yang berlebihan. Namun anda jangan berharap untuk menghilangkan kerutan atau garis-garis halus dengan banyak-banyak minum air.

"Dehidrasi dapat membuat kulit anda terlihat lebih kering dan keriput, dan ini dapat ditingkatkan dengan hidrasi yang tepat. Tapi begitu tubuh atau kulit anda cukup terhidrasi, maka ginjal akan mengambil alih dan mengeluarkan kelebihan cairan," kata Kenneth Ellner.MD, seorang pakar kulit di Atlanta.

Anda juga dapat membantu menjaga kelembaban pada kulit anda dengan menggunakan pelembab, yang menciptakan penghalang fisik untuk menjaga kelembaban tidak keluar.

5. Air Membantu Ginjal Anda
Cairan tubuh membantu transportasi produk limbah untuk masuk dan keluar dari sel. Racun utama dalam tubuh kita adalah nitrogen urea darah, yaitu produk limbah larut air yang mampu melewati ginjal untuk dibuang melalui urin. Ginjal kita dapat melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam membersihkan tubuh kita dari racun selama ada asupan cairan yang memadai.

Ketika anda mendapatkan cairan yang cukup, maka urin akan mengalir dengan bebas, dimana warnanya tidak pekat dan juga bebas dari bau menyengat. Namun ketika tubuh anda tidak mendapatkan cukup cairan, maka konsentrasi urin, warna, dan baunya juga akan meningkat, ini karena ginjal menyerap cairan tambahan untuk fungsi tubuh.

Jika anda terlalu sering minum air dalam jumlah sangat sedikit, maka anda mungkin berada pada risiko tinggi untuk terkena batu ginjal, terutama jika tinggal di iklim yang hangat.

6. Air Membantu Menjaga Fungsi Usus Tetap Normal
Hidrasi yang memadai akan membuat segala hal yang berjalan di sepanjang saluran pencernaan akan tetap lancar dan mencegah terjadinya sembelit. Bila anda tidak mendapatkan cukup cairan, maka usus besar akan menyerap air dari kotoran untuk menjaga tingkat hidrasi, dan akibatnya adalah anda akan mengalami sembelit.

Asupan air dan serat yang cukup adalah kombinasi sempurna, karena cairan akan memompa serat dan bertindak seperti sapu untuk menjaga usus anda tetap berfungsi dengan baik.

Semoga penjelasan mengenai pentingnya manfaat air putih untuk menjaga kesehatan anda tadi dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam. Jadi, sediakan selalu sebotol air putih sehat kapanpun dan dimanapun saat anda beraktifitas!